HATI-HATI MEMILIH TANGGA TELESKOPIK

TANGGA TELESKOPIK KUALITAS PREMIUM: 2.5+2.5M/5M- KLUGGEN

Dalam memilih tangga teleskopik hendaknya tidak semata-mata berdasarkan harga yang murah, tetapi perhatikan soal kualitas demi keselamatan. Ingat, keselamatan jauh lebih mahal bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Harga mahal memang tidak sepenuhnya menjamin kualitas bagus, tetapi harga murah tentu dihasilkan dari pengurangan biaya produksi yang sering berujung pada rendahnya kualitas barang. Nah, postingan ini secara khusus memberikan petunjuk penting tentang apa saja hal-hal utama yang hendaknya diperhatikan saat memilih tangga teleskopik.

tangga teleskopik

Tangga teleskopik komersial yang beredar di pasar pada umumnya adalah dari golongan EN-131, artinya telah memiliki sertifikasi mutu dengan daya beban hingga 150 kg. Ini sudah umum dan merupakan jaminan dasar menyangkut daya beban setiap anak tangga- bukan jaminan soal kekuatan dan keamanan tangga secara keseluruhan. Lalu banyak orang bertanya mengenai ketebalan pipa aluminium karena mereka mengira itulah yang membuat tangga tsb. kuat atau tidak. Dugaan ini keliru; karena ketebalan pipa aluminium pada umumnya sudah standar, yaitu 1,3-1,5 mm. Lalu apa yang membedakan kualitas tangga teleskopik antara yang satu dengan yang lainnya? Mari ikuti penjelasan di bawah ini.

Pertama, kekuatan sebuah tangga teleskopik pada umumnya ditentukan oleh seberapa panjang potongan pipa yang ada dan membentuk ovelapping satu sama lain. Semakin dalam atau panjang overlapping tube, maka akan semakin kuat tangga tsb; begitu juga sebaliknya, semakin pendek akan semakin ringkih, goyang , melengkung, dan bahkan bisa patah. Banyak produsen yang sengaja membuat overlapping tube yang pendek agar dapat menghemat material dan bisa jual murah untuk mengejar “laris manis” meskipun harus mengorbankan mutu.

tangga-teleskopik-berkualitas

Pada tangga teleskopik dengan teknologi lama, panjang-pendeknya overlapping tube dapat terlihat melalui press line. Tetapi pada tangga teleskopik dengan teknologi baru hal tsb. tidak terlihat lagi. Meskipun demikian kita bisa membedakannya dengan cara memanjatnya, apakah goyang dan melengkung parah atau tidak. Keuntungan dari hilangnya press line juga untuk mengurangi resiko kemungkinan tangga patah persis pada bagian press line. Pada gambar ke-2, anda bisa saksikan perbedaan antara tangga teleskopik bekualitas dengan overlap yang panjang dan yang berkualitas rendah dengan overlap pendek. Yang berkualitas rendah masih banyak bisa anda temukan di pasar online.

HUBUNGI KAMI:

tangga-teleskopik-murah

Kedua, jarang orang menyangka bahwa sebenarnya material pendukung di luar material utama (pipa aluminium) juga sangat berpengaruh pada kuat-tidaknya sebuah tangga teleskopik. Material tsb. adalah material pendukung untuk kunci otomatis, gelang pengikat (bracelet), hinge (untuk tipe multipurpose), rubber feet, dll. Kunci otomatis satu set dengan gelang pengikat merupakan komponen sangat penting untuk keselamatan sebuah tangga teleskopik; dan yang tebuat dari bahan aluminium juga (disebut dengan tangga teleskopik full aluminum) tentu sangat ideal dan sangat kuat. Tetapi sayangnya terlalu boros biaya produksinya sehingga harga jual di pasar pun menjadi selangit. Tetapi beberapa pabrik besar berhasil mengembangkan material plastik yang super keras dan tahan pecah sehingga dapat dipercaya menggantikan bahan aluminium- kecuali slot pengunci tetap menggunakan metal. Tentu ada penambahan cost tetapi tidak semahal full aluminum. Yang tampak di bagian luar adalah hanyalah gelang pengikat yang kadang warna-warni. Sementara itu sebagian pabrik masih saja menggunakan material pendukung yang biasa-biasa saja. Maka dampaknya adalah gelang pengikat bisa pecah, kunci otomatis bisa terlepas, dll. sehingga sangat membahyakan pengguna tangga- seperti terlihat pada gambar ke-3. Yang demikian itu adalah bagian dari resiko sebuah tangga teleskopik murah.

Ketiga, tangga teleskopik semakin berkualitas bila dilengkapi banyak fitur-fitur keamanan dan kenyamanan ekstra. Beberapa pelengkap tsb. diantaranya adalah: bottom bar dengan big feet, big hinge, safefuard rubber, finger safety space, strengthening angle, supporting rubber feet, caster, dan safety hook. Salah satu contohnya anda bisa saksikan video tangga teleskopik kualitas premium merek Kluggen, KLIK DISINI.

MENU PENTING:

DAFTAR HARGA TANGGA LIPAT BELI TANGGA LIPAT CARA PESAN TANGGA LIPAT

ATAU DAPAT MENGUNJUNGI GERAI KAMI DI (KLIK) TOKOPEDIA ATAU SHOPEE

Keempat, ketika anda memilih sebuah tangga teleskopik hendaknya juga memperhatikan berat tangga. Kekuatan tangga memang sangat penting, tetapi berat tangga juga tidak kalah penting. Hindari menggunakan tangga yang ketika dibawa dengan tangan terlalu berat hingga membahayakan kesehatan tulang belakang anda. Tangga yang terlalu berat dan tinggi ketika digunakan akan rawan membahyakan diri sendiri dan orang di sekitarnya karena ngemplang. Disamping itu, bentuk tangga teleskopik yang ramping dan semakin lentur ketika sangat tinggi akan semakin tak layak digunakan.

Terakhir, sebelum memilih dan membeli tangga teleskopik, pastikan anda sudah paham benar dengan tipe dan ukuran tinggi maskimum tangga dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Terdapat tiga tipe: single straight, double sides, dan multipurpose (silahkan klik untuk mengetahui lebih jauh).

Satu tanggapan

  1. […] Apalagi bila anda menggunakan tangga lurus atau tangga teleskopik single dengan ketinggian di atas 5 meter, maka sudah tentu perlu tangga yang kuat agar terhindar dari kemungkinan kecelakaan fatal. Gambar pertama dimana terlihat tangga sedang dipanjat, itu menggunakan overlapping tube 18 hingga 20 cm sehingga benar-benar sangat kuat- jarang ada brand atau pabrik yang bersedia menggunakan overlapping tube demikian karena boros biaya produksinya. Baca juga postingan terkait (klik). […]