Review Tangga Teleskopik Murah

Di era digital, akses informasi begitu terbuka dan sangat mudah sehingga transparansi pun tidak bisa dihindari dari pantauan publik- begitu pula dengan bisnis tangga teleskopik mulai dari produksi pabrik, penjualan, hingga pemakaian oleh users. Karena itu sudah dapat dipastikan bahwa persaingan menjadi sangat ketat dan terbuka.

tangga teleskopik murah
TANGGA TELESKOPIK MURAH: PERBANDINGAN KUALITAS

Produksi tangga teleskopik masih dikuasai oleh China. Pemegang merek dunia seperti di Eropa, Amerika, Jepang, dll. mengalokasikan ordernya ke negeri tirai bambu tsb. Karena itu tidak heran bila tangga teleskopik berbagai merek terkenal yang ada di jual di amazon.com Amerika Serikat bisa dibilang semuanya adalah produksi dari China- begitu juga yang ada di Indonesia. Dari sisi penguasaan teknologi dan material di kalangan pabrik-pabrik di sana sebenarnya tidak jauh berbeda- upah pun sudah standard. Pertanyaannya adalah mengapa harga tangga teleskopik yang ada di pasaran tidak sama dan punya rentang perbedaan yang cukup significant? Mengapa banyak kita saksikan terdapat tangga teleskopik murah dan banyak pula yang dibandrol dengan harga yang jauh di atasnya? Inilah topik menarik yang akan dijelaskan di bawah ini agar para calon pembeli menjadi paham dan tidak keliru dalam mengambil keputusan.

tangga-telescopic-murah

Sebagian orang dengan lugu mengira bahwa kualitas tangga teleskopik itu antara yang satu dengan yang lainnya sama saja, sehingga yang menjadi perhatian utamanya adalah semata-mata soal harga. Pembeli semacam ini sangat mungkin akan menerima konsekwensinya di kemudian hari. Bisa jadi muncul penyesalan setelah sadar akan kerugian dan terjadi dampak yang tidak diinginkan. Sebagian lagi ada yang lebih menginginkan tangga teleskopik yang berkualitas daripada soal harga, lalu mempertanyakan material utama tangga dan mengira bahwa ketebalan pipa tangga adalah juga faktor utama yang harus dipertanyakan. Tidak sedikit pula yang bertanya tentang daya beban tangga karena mengira semakin besar daya beban berarti tangga semakin berkualitas. Langsung saja kami jawab tiga isu yang terakhir agar “clear” bahwa material utama adalah aluminium alloy, ketebalan pipa tangga teleskopik yang ada di pasaran sudah standard berukuran 1,3-1,5 mm, dan daya beban tangga juga standar yaitu hingga 150 kg yang dikenal dengan sertifikasi EN-131 (European Union Standard) diterbitkan oleh badan sertifikasi dunia seperti SGS. Sebagian kecil tangga teleskopik ada yang terbuat dari bahan stainless steel dengan segala kelebihan dan kekurangan tersendiri. Lalu apakah itu berarti kualitas semua tangga teleskopik sama? Jawabnya tentu “tidak”.

tangga-teleskopik-kuat

Sedikitnya ada 4 hal pokok yang harus diperhatikan untuk menjamin kualitas tangga teleskopik yang baik. Banyak pabrik masih dengan sadar bermain di dalamnya untuk menekan biaya produksi sehingga bisa menghasilkan produk dengan harga murah, walaupun mengorbankan kualitas. Saksikan juga video yang tersedia di halaman ini (klik gambar).

  1. Material pendukung yaitu plastik yang dipakai sebagai gelang pengikat anak tangga dan tombol harus super kuat, digilas mobil dan dipalu pun tidak pecah- dan bukan dari recycled materials.
  2. Overlap pipa tangga hendaknya cukup panjang agar tangga tetap kuat dan kokoh ketika dibuka dan dipanjat. Semakin tinggi tangga teleskopik maka semakin membutuhkan overlap pipa yang panjang. Masalahnya semakin panjang overlap pipa akan semakin menguras material dan biaya. Karena itu tidak heran banyak pabrik sengaja memproduksi tangga teleskopik dengan overlap yang pendek- apalagi umumnya pembeli kurang paham soal ini.
  3. Metal padat pada kunci otomatis hendaknya terbuat dari metal padat anti karat. Banyak ditemukan tangga teleskopik yang beberapa tahun kemudian patah pada bagian kuncinya karena ternyata sudah berkarat.
  4. Pipa tangga sebaiknya tanpa press line (garis lekuk) agar menghindari resiko patah yang biasanya terjadi tepat pada bagian tsb. Sebagian pabrik masih menggunakan teknologi lama dimana pipa tangga menggunakan press line sebagai batas dan penahan.

Di luar 4 hal pokok yang telah dijelaskan di atas, tangga teleskopik juga menjadi bervariasi kualitas dan harganya karena fitur-fitur dan keunggulan lain yang membuatnya lebih kuat dan nyaman digunakan. Berikut ini adalah hal-hal yang patut dipertimbangkan ketika hendak mebeli sebuah tangga teleskopik yang terbaik:

  1. Wide steps (pijakan lebar). Fungsinya adalah agar mengurangi rasa sakit ketika lama tegak di atas anak tangga.
  2. Big joint (engsel besar dan tebal). Bagian ini terdapat pada tangga teleskopik tipe multipurpose (bisa segitiga dan bisa lurus), berfungsi sebagai regulator.
  3. Double bottom bars. Tangga teleskopik tipe double sides (segitiga) dan multipurpose dengan ketinggian di atas 2,5 meter secara segitiga membutuhkan paling kaki ganda (double bottm bars) agar tangga lebih stabil. Sedangkan untuk tangga lurus yng tingginya di atas 5 meter cukup membutuhkan single bottom bar.
  4. Wheels/Casters. Ini tidak lain adalah roda untuk tangga tipe double sides dan multipurpose yang tinggi dan berat agar dapat didorong ketika terasa terlalu berat untuk diangkat.
  5. Big feet rubber (karet kaki besar). Bagian ini paling sering rusak karena paling keras bergesekan dengan tanah atau lantai dengan beban berat. Karena itu dibutuhkan karet kaki yang besar, tebal, dan kuat agar lebih awet.
  6. Supporting rubber feet. Alat ini berfungsi untuk menambah ketahanan daya beban pada bagian kaki untuk tangga yang berat dan tinggi.
  7. Strengthening angle (siku penguat). Bagian ini berfungsi untuk memperkuat kaki tangga agar tidak “reyot”- penting untuk tangga lurus dengan ketinggian di atas 5 meter.
  8. Finger safety space (rongga keamanan jari). Fitur ini berupa rongga antar anak tangga ketika ditutup; berfungsi untuk mencegah jari terjepit secara fatal.
  9. Safeguard rubber + belt. Alat ini dipasang pada anak tangga lurus bagian atas khsusus untuk panjat tiang agar tangga tidak bergeser dari tiang yang dipanjat.
  10. Safety hook. Alat ini berfungsi untuk menambah stabilitas tangga tipe double sides dan multipurpopse.

KLIK GAMBAR DI BAWAH INI DAN JELAJAHI PRODUK ATAU HUBUNGI KAMI: